MANAJEMEN REKAYASA(S1)

Manajemen Rekayasa (Engineering Management) merupakan bagian dari bidang keilmuan teknik (engineering). Dalam MR obyek rancangan berbeda dengan bidang engineering yang lain, yaitu berupa sistem-sistem yang dipergunakan oleh perusahaan atau organisasi lain untuk merancang, membuat, dan menjual produk dan jasa serta sistem-sistem yang mendukung semua proses ini dalam rangka membuat perusahaan atau organisasi tersebut lebih kompetitif menghadapi perubahan-perubahan teknologi dan persaingan yang semakin ketat dewasa ini. Sebagai bidang keilmuan teknik maka bidang MR akan berakar pada pengetahuan dan keterampilan dalam analisis dan perancangan teknik yang memerlukan penguasaan keilmuan matematika, statistika, dan perancangan teknik. Kekhasan bidang MR dapat dilihat dari penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen teknologi, produk dan proses serta ekonomi, manusia dan organisasi, yang memerlukan penguasaan ilmu manajemen dan organisasi serta aspek teknologi yang digunakan pada industri. Lulusan MR akan diarahkan untuk bekerja pada bidang-bidang yang populer disebut pengembangan bisnis(business development) di suatu perusahaan atau organisasi seperti pengelolaan pengembangan produk baru, pengelolaan untuk ekspansi pasar baru di samping bekerja sebagai anggota atau pemimpin proyek rekayasa, penelitian dan pengembangan serta bidang-bidang lain yang memerlukan kegiatan pengembangan.

Tujuan Program Studi

Program studi ini bertujuan menghasilkan sarjana teknik yang menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen teknologi, produk dan proses serta ekonomi, manusia dan organisasi yang memerlukan penguasaan ilmu manajemen dan organisasi serta aspek teknologi yang digunakan pada industri.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Manajemen Rekayasa diarahkan mampu bekerja pada bidang pengembangan bisnis (business development) suatu perusahaan atau organisasi seperti pengelolaan pengembangan produk baru, pengelolaan untuk ekspansi pasar baru di samping bekerja sebagai anggota atau pemimpin proyek rekayasa, penelitian dan pengembangan serta bidang-bidang lain yang memerlukan kegiatan pengembangan.

Bagan Kurikulum




Tabel Mata Kuliah